Ulasan Monitor Ultrawide Melengkung Samsung CHG90 49-Inch

Bahkan di antara monitor gaming, sebagian besar menampilkan desain konservatif dan tenang, Samsung CHG90 49-Inch Curved Ultrawide Monitor ($1.099,99) menonjol. Layar lengkung raksasanya, setara dengan dua monitor 1080p yang ditempatkan berdampingan, memberikan pengalaman bermain game yang sangat mendalam. Layar lebar juga berguna untuk mengedit spreadsheet super lebar atau menampilkan banyak dokumen secara berdampingan, meskipun kerapatan piksel rendah berarti dokumen Anda mungkin tidak terlihat terlalu tajam. Dibantu dengan dimasukkannya AMD FreeSync 2, monitor ini menampilkan konten HDR dalam warna cerah dengan kontras yang sangat baik, tetapi rasio aspek lebarnya yang luar biasa berarti bahwa film layar lebar standar hanya akan memenuhi setengah layar. Meskipun monitor ini mungkin terlihat pada pandangan pertama, Anda pasti ingin memastikan bahwa Anda dapat memanfaatkan aspek lebar secara efektif sebelum menyelam, untuk informasi monitor gaming canggih lainnya di ulasan dell ultrasharp 24 infinityedge monitor u2417h.

Satu Tampilan Luar Biasa

CHG90 adalah monitor besar dan besar, paling baik ditangani oleh dua orang saat memindahkannya. Ketika ditempelkan pada dudukannya, ukurannya 20,7 kali 47,7 kali 15 inci (HWD) dan beratnya 33,1 pon. Anda akan membutuhkan meja atau meja dengan setidaknya empat kaki ruang horizontal agar sesuai dengan lebar monitor. Di bagian atas dan samping, secara efektif tidak memiliki bezel; strip hanya 0,6 inci naik di bagian bawah.

Dudukan bertumpu pada alas kokoh berbentuk V yang lebarnya luar biasa (32 inci), sesuai dengan lebar ekstrem panel itu sendiri. Ini memberikan penyesuaian ketinggian, putar, dan kemiringan. Untuk alasan yang jelas terkait dengan ukuran dan kelengkungan, penyesuaian pivot yang memungkinkan Anda memutar panel dari mode lanskap ke potret dan kembali bukanlah pilihan dari jarak jauh, jika Anda ingin membeli monitor gaming terbaru dan tercanggih Anda dapat membelinya di Gaming Monitor Singapore dengan harga terjangkau.

Panel ultra lebar 49 inci ini memiliki resolusi asli 3.840 x 1.080 piksel. Layarnya sendiri merupakan tampilan vertical alignment (VA) yang menggunakan teknologi Quantum Dot (alias “QLED”). Ini memiliki rasio aspek 32:9 secara fungsional sama dengan dua monitor 1080p 27 inci yang ditempatkan berdampingan.

Meskipun lebar panelnya mengesankan, kerapatan pikselnya 81 piksel per inci (ppi) rendah, membuat layarnya tidak terlalu tajam. Hal ini dibuktikan dalam pengujian ad-hoc menggunakan teks dan foto. Ini kurang terlihat dalam panasnya permainan, atau dalam video, meskipun melihat dari dekat layar dapat mengungkapkan jejak graininess yang menetas.

Sebagai perbandingan, Acer Predator X27 ($2.049,99 di Amazon) dan Asus ROG Strix XG32VQ ($557,40 di Amazon), keduanya merupakan Gaming Monitors Pilihan Editor, memiliki kerapatan piksel masing-masing 163ppi dan 91ppi. Kepadatan piksel rendah CHG90 memang memiliki satu keuntungan bagi para gamer: Tidak seperti Acer Predator X27 dan resolusi 4K UHD-nya, Anda tidak perlu berinvestasi dalam kartu grafis terbaik untuk menjalankan game di dalamnya pada bingkai yang layak. tarif.

Panel sangat melengkung, dengan peringkat kelengkungan 1800R, yang berarti bahwa jika Anda menempatkan monitor CHG90 yang cukup berdampingan untuk membentuk lingkaran, radiusnya hanya 1.800mm, atau 1,8 meter. Ini adalah salah satu lekukan paling ketat yang pernah kami lihat; di antara monitor yang telah kami uji, hanya Samsung 34-Inch CF791 Curved Widescreen Monitor yang menawarkan peringkat kelengkungan yang lebih ketat (1500R). Lengkungan yang menonjol membuat pengalaman bermain game yang lebih imersif daripada yang Anda dapatkan dengan panel datar.

CHG90 dinilai pada kecerahan asli 350 nits, dan diuji bahkan lebih baik dari itu (383,6 nits) dalam mode sRGB dalam pengujian kuantitatif kami menggunakan kolorimeter Klein K10-A dan perangkat lunak SpectraCal CalMAN 5. Saya mengukur rasio kontrasnya pada 2950:1, hampir sama dengan rasio kontras terukur 3000:1.

Sudut pandang monitor kurang spektakuler; Saya melihat beberapa peredupan pada sudut yang ekstrim. Tetapi mengingat lebar panel ini dan efek imersif dari bermain game dengannya, Anda mungkin tidak menyadarinya. Ini bukan jenis tampilan yang akan membuat Anda duduk offside saat menonton memang, itu sangat besar sehingga sulit untuk mendapatkan offside.

Kontrol, Menu, dan Port

Kontrol fisik terdiri dari empat tombol kecil yang terletak di tepi kanan bawah. Tombol on/off, yang berfungsi ganda sebagai joystick mini untuk memanipulasi menu pengaturan monitor, terletak tepat di sebelah kanan dari tiga lainnya, yang memungkinkan Anda mengakses pengaturan tampilan pada layar (OSD). Anda dapat mengubah mode (mode permainan sRGB plus FPS, RTS, RPG, dan AOS), kecerahan, kontras, warna, dan banyak pengaturan lainnya melalui OSD.

Pilihan port input CHG90 mencakup dua port HDMI, satu konektor DisplayPort ukuran penuh dan satu mini, satu port USB upstream dan dua downstream, satu jack audio-in dan satu jack headphone. Saya ingin melihat port USB Type-C, tetapi standar itu masih relatif jarang di monitor. CHG90 tidak memiliki speaker internal.

Respons piksel abu-abu ke abu-abu adalah 1 milidetik yang sangat baik, dan jeda input sebagaimana diukur dengan Leo Bodnar Lag Tester datang pada 11,5 milidetik (ms), tidak terlalu lama dari BenQ SW2700PT, yang tetap menjadi pemimpin kami dengan lag input 9,5 ms.

Sinkronisasi Adaptif dan Penyegaran Tinggi

Monitor ini juga mendukung FreeSync 2, iterasi terbaru dari teknologi sinkronisasi adaptif AMD. Peningkatan utamanya dari FreeSync asli adalah dukungan HDR yang ditingkatkan pada dasarnya menurunkan beberapa fungsi HDR yang jika tidak ditangani oleh Windows, meningkatkan latensi dan kinerja HDR secara keseluruhan. Ini menjadikan FreeSync 2 alternatif yang lebih kredibel daripada FreeSync asli untuk G-Sync Nvidia, yang menaikkan harga monitor yang didukungnya beberapa ratus dolar.

Kecepatan refresh asli 144Hz CHG90 yang cepat, hanya dapat dicapai melalui koneksi DisplayPort, dapat dikurangi menjadi 120Hz atau 60Hz di menu. FreeSync 2 memungkinkan dukungan kecepatan refresh variabel antara 48Hz dan 144Hz melalui DisplayPort, dan 48Hz hingga 100Hz melalui HDMI. CHG90 juga mendukung teknologi AMD’s Low Framerate Compensation untuk memberikan pengalaman yang mulus bahkan di bawah 48Hz.

Pengujian Kinerja

Akurasi warna untuk CHG90 sangat baik dalam pengujian kami. Seperti yang ditunjukkan pada bagan kromatisitas di bawah ini, ketika panel diuji dalam mode sRGB, pengukuran warna merah, kuning, dan hijau (diwakili oleh titik-titik berwarna), meskipun berjarak cukup merata, semuanya berada di luar segitiga yang menggambarkan batas normal ruang warna CIE RGB (diwakili oleh kotak).

Area yang dibatasi oleh segitiga mewakili semua warna yang dapat dibuat dengan mencampurkan tiga warna primer, sehingga setiap titik di luar segitiga mewakili perluasan gamut warna RGB normal. Saat saya beralih ke mode first-person shooter, saya membuat bagan kromatisitas yang sangat mirip dengan bagan sRGB, meskipun gamut warnanya sedikit lebih lebar.

Untuk multitasking, Samsung menawarkan program utilitas yang dapat diunduh yang disebut Easy Setting Box. Dengan itu, Anda tidak hanya dapat dengan mudah membuat jendela untuk dokumen kantor, tetapi Anda dapat menjalankan, katakanlah, permainan di satu jendela dan browser Web di jendela lain.

Saya menempatkan CHG90 melalui langkahnya menampilkan video HDR (dipilih dari saluran YouTube HDR). Monitor bekerja dengan baik dalam menampilkan gambar yang cemerlang sambil mempertahankan bayangan di area yang sangat terang dan sangat gelap. Performa HDR CHG90, untuk video dan game, berada di atas rata-rata untuk monitor game atau hiburan, dan tidak diragukan lagi lebih baik dengan penambahan AMD FreeSync 2 dengan peningkatan HDR-nya.

Kelemahan utama, dari segi video, adalah bahwa CHG90 dua kali lebih lebar dari monitor layar lebar biasa. Rasio aspek standar untuk DVD adalah 16:9, jadi meskipun konten DVD dapat memenuhi layar secara vertikal, gambar hanya akan memenuhi setengah lebar layar, dengan bilah hitam besar di kedua sisinya. Anda dapat memperbesar video agar sesuai dengan lebarnya, tetapi itu akan memotong sebagian besar bagian atas dan bawah gambar video. Beberapa video alam dan perjalanan tampak bagus saat ditampilkan dengan cara ini (jika konteksnya memungkinkan untuk mengabaikan area gambar yang hilang), tetapi itu tidak akan berfungsi sama sekali untuk film.

Untungnya, sebagian besar game terbaru tampaknya mendukung rasio aspek ekstrem CHG90, meskipun terkadang hanya setelah sedikit bujukan. Project Cars, Hitman versi 2016, dan Rise of the Tomb Raider semuanya ditampilkan dengan baik pada percobaan pertama, memanfaatkan rentang layar penuh. Far Cry 5, di sisi lain, harus di-boot ulang sebelum menampilkan layar penuh.

Semua-Sekitar Immersive

Samsung CHG90 akan menarik bagi para gamer yang menyukai monitor ultra lebar. Area layar besar juga memungkinkan Anda membuka beberapa jendela sekaligus untuk menampilkan berbagai jenis konten. Kerapatan pikselnya yang relatif rendah membuat konten sedikit kurang tajam dari yang kami inginkan, dan film layar lebar hanya akan memenuhi separuh layar. Namun untuk memberikan pengalaman gaming yang imersif dan menyeluruh, CHG90 saat ini tidak ada bandingannya. Dell juga telah keluar dengan monitor melengkung 49 inci, Dell UltraSharp 49 Curved (U4919DW), tetapi ditujukan untuk bisnis (dengan kecepatan refresh 60Hz dan kekurangan fitur game seperti sinkronisasi adaptif), dan memiliki resolusi yang lebih tinggi (5.120 -oleh-1.440-piksel) resolusi asli. Saat ini, model Samsung berada di liganya sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.