Berencana ke Dieng? Tengok 7 Tempat Wisata di Dieng yang Menarik Didatangi! Udaranya dingin serta sejuk, tidak terdapat salahnya berupaya bermacam objek wisata Dieng.

Indonesia yang dilewati garis khatulistiwa, mempunyai hawa tropik ataupun hawa panas. Hingga jangan heran, buat kita yang tinggal di Indonesia, cuma hendak merasakan hawa panas saja. Kalaupun terdapat, hawa yang lain merupakan hujan.

Tetapi terdapat yang berbeda dengan Indonesia kali ini. Wilayah dataran besar Dieng, temperatur udaranya menggapai minus 9 derajat Celcius!

Dapat bayangkan sedingin apa? Apalagi air hingga mengeras serta embun turun menyelimuti zona dataran besar tersebut.

Saking dinginnya, rumput serta daun- daun hingga memutih serta mobil yang lagi parkir juga diselimuti salju ataupun embun yang mengeras jadi es.

Buat warga Indonesia yang tidak sering hadapi perihal ini, bisa jadi terdengar sedikit seru, serasa semacam terletak di luar negara.

Baca Pula: Destinasi Wisata Masa Dingin Di Asia yang Harus Dikunjungi

Macam Destinasi Wisata Dieng

Nah, buat anda serta keluarga yang bisa jadi berencana buat mendatangi Dieng dalam waktu dekat ini, jangan lupa mampir ke wisata Dieng di dasar ini ya.

1. Bukit Sikunir

Bukit Sikunir ataupun Puncak Sikunir ialah salah satu destinasi kesukaan yang wajib anda kunjungi di dataran besar Dieng.

Energi tarik dari destinasi wisata Dieng satu ini yang jadi tujuan utama para turis, pasti keelokan golden sunrise- nya. Baik turis lokal ataupun mancanegara, seluruh menanti perihal ini.

Tidak perlu waktu lama buat dapat hingga ke puncak Bukit Sikunir. Umumnya, waktu tempuh para turis cuma berkisar 30 sampai 60 menit saja, bergantung keadaan fisiknya.

Bila cuaca lagi terang serta berawan, anda hendak dapat merasakan sensasi memandang 4 gunung sangat populer di Jawa Tengah, Merbabu, Sindoro, Merapi, serta pula Sumbing.

Tidak hanya itu, dari Puncak Sikunir, kita pula dapat menikmati keelokan telaga cebong. Ditambah lagi dengan rumah- rumah masyarakat yang tertata apik, terus menjadi menaikkan keelokan pemandangannya.

2. Telaga Warna

Bila anda hendak liburan ke wisata Dieng pada masa kemarau, harus hukumnya buat mampir ke Telaga Warna.

Alasannya, dikala berkunjung di bulan Juli hingga Agustus, anda hendak berkesempatan memandang warna air di telaga ini jadi merah, hijau, biru, sampai kuning.

Pergantian warna ini terjalin sebab telaga tersebut mempunyai isi sulfur yang lumayan banyak. Jadi dikala terpapar oleh cahaya matahari, hingga airnya hendak otomatis berganti warna.

Mitosnya, pergantian warna yang terjalin di Telaga Warna terjalin sebab isi pusaka yang terjatuh kepunyaan Cupu Manik Astagina.

Tetapi, bila dipaparkan secara ilmiah, pemicu warna air yang berganti sebab ekosistem yang terdapat di telaga tersebut.

Telaga warna ini mempunyai luas kira- kira 3 kali lapangan sepak bola, jadi buat bersantai bersama keluarga serta menikmati panorama alam, hendak sangat asyik.

Lokasinya terletak di dataran besar Dieng, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

3. Gardu Pandang Tieng

Kata orang belum afdol bila ke Dieng, belum mendatangi Gardu Pandang Tieng.

Bagi warga lokal, tempat ini ialah wisata Dieng yang pas buat melihat terbitnya matahari, sekalian jadi posisi alternatif, sebab Bukit Sikunir tentu hendak ramai oleh wisatawan.

Berdiri di tempat ini, kemudian mengambil gambar dikala matahari terbenam, tentu hendak jadi gambar siluet yang sangat bagus. Mau coba? Lokasinya terletak di Jalan. Dieng, Sidorejo, Tieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

4. Batu Pandang Ratapan Angin Dien

Posisi wisata satu ini tidak sangat jauh dari Telaga Warna, Bukit Sikunir, serta Gardu Pandang Tieng. Wisata Dieng ini biasa diketahui pula dengan nama wisata Ratapan Angin supaya penyebutannya tidak sangat panjang.

Tempat wisata ini berbentuk suatu tebing batu yang menonjol, yang tercipta sebab aset letusan gunung vulkanik purba, serta kesimpulannya terbentuklah bebatuan menonjol yang eksotis.

Dari atas batu ini, turis dapat memandang keelokan Telaga Warna dengan jelas. Apalagi lebih jelas dibanding tiba ke Telaga Rupanya langsung, sebab kita melihatnya dari atas.

5. Candi Arjuna

Wisata Dieng pula mempunyai banyak candi memiliki yang dapat didatangi. Salah satu yang terpopuler merupakan Candi Arjuna.

Candi ini masih aktif dijadikan tempat ibadah masyarakat dekat yang beragama Hindu, terlebih dikala Hari Raya Galungan.

Yakinkan anda serta keluarga tidak lagi dalam keadaan lelah kala mendatangi wisata Dieng satu ini, sebab Candi Arjuna mempunyai luas menggapai 1 hektar.

6. Kawah Sikidang

Masih terletak di kawasan Gunung Prau, tidak lengkap rasanya bila tidak mampir sebentar ke kawah vulkanik yang masih aktif di situ. Sesungguhnya, terdapat banyak kawah vulkanik yang terdapat di gunung tersebut, lho.

Tetapi, Kawah Sikidanglah yang sangat banyak didatangi.

Yakinkan saat sebelum ke tempat wisata Dieng ini, anda telah berbekal masker sebab aroma belerangnya lumayan tajam serta bisa membahayakan kesehatan.

Wisata Dieng ini menyajikan spot gambar ciamik serta wahana game seru yang hendak memanjakan waktu libur anda serta keluarga di Dieng.

Posisi dari Kawah Sikidang pula dapat didatangi dengan gampang, akses jalur yang baik serta dapat diakses memakai bis wisata.

Alamat Kawah Sikidang sendiri terletak di Desa Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah. Operasional wisata alam Kawah Sikidang Dieng buka tiap hari mulai dari jam 07. 00– 17. 00 Wib.

7. Kawah Candradimuka

Kawah Candradimuka merupakan salah satu kawah Dieng yang terletak 7 kilometer dari Dataran Besar Dieng. Kawah ini sesungguhnya bukan kawah gunung berapi namun ialah pemunculan solfatara dari rekahan tanah.

Ada 2 lubang rekahan yang masih aktif menghasilkan solfatara, yang satu menghasilkan secara terus menerus serta yang yang lain secara berselang.

Wisata Dieng satu ini masih belum banyak didatangi turis, baik lokal ataupun mancanegara sebab jaraknya yang jauh dari Dataran Besar Dieng, sarana wisata yang belum lengkap serta sedikitnya akses jalur.

Tetapi bila anda serta Dads suka menjelajahi tempat yang masih tidak sering dikenal, hingga tidak terdapat salahnya mendatangi kawah ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *